Wednesday, April 4, 2012

Cegah Keropos Tulang Sejak Dini

Tidak hanya anak - anak dianjurkan untuk minum susu, setelah dewasa pun dianjurkan untuk terus mengkonsumsi minuman bergizi ini. Susu adalah sumber kalsium terbaik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang bagi anak - anak dan kekuatan tulang pada orang dewasa. Mengkonsumsi susu, terutama yang gengandung kalsium tinggi secara teratur dapat mencegah penyakit osteoporosis atau keropos tulang.

Osteoporosis adalah penyakit metabolisme tulang, ditandai dengan adanya penurunan densitas atau kepadatan masa tulang, sehingga tulang menjadi rapuh. Penderita penyakit ini kebanyakan wanita, karena resiko kehilangan kalsium pada wanita relatif lebih besar. Hal ini disebabkan wanita mengalami menstruasi, kehamilan, menyususi, dan menurunnya hormon estrogen.

Penyakit ini memperoleh julukan seram yaitu "Silent Killer ", sebab penyakit ini tidak menunjukan gejala awal yang nyata. Karena itu perlu dilakukan pencegahan dini dengan mnegkonsumsi sumber makanan berkalsium tinggi antara lain susu, dan ikan, terutama ikan teri. Ikan teri bisa dikonsumsi beserta tulangnya, kandungan kalsium dalam ikan teri sangat tinggi. Paparan sinar matahari pagi dan sore serta olahraga secara teratur juga membantu memperkuat tulang. Sinar matahari dibutuhkan untuk mengaktifkan vitamin D di bawah kulit yang dibutuhkan untuk proses penyerapan kalsium diusus. Olahraga bila dilakukan dengan intensitas dan frekuensi yang tepat dapat membantu membentu kepadatan dan  kekuatan tulang, sehingga pada usia lanjut tulang tidak mudah rapuh. Olahraga yang dianjurkan antara lain aerobik, jalan kaki dan jogging.

Pencegahan osteoporosis sangat mudah dilakukan, karenanya lakukan sebelum semuanya terlambat. Ingatlah  sehat itu mahal harganya.

0 comments:

Dí lo que piensas...